Graphic Komputer dan pengolahan citra (membuat Garis di OPEN GLversi Dev C++

Nama          : Rahmat Septiansyah
NPM          : 15110579
Kelas         : 3KA31


Sudah Amat Lama sekali Saya tidak menulis, share tentang berbagai Hal. Kali ini saya ingin berbagi pengetahuan kepada teman-teman semua ^_^..
Nah memasuki Semester 5 ini saya mendapatkan Tugas Dari Dosen Mata Kuliah
“ Grafik Komputer & Pengolahan Citra  Mengenai  (Open GL)”.
Saya pun baru belajar mengenai Open GL ini menggunakan Compiler Dev C++, jadi mohon maaf ya kalau ada salah dan tolong komentari yah CMIIW ^_^ maklum mash belajar :)

Oke kali ini saya langsung membahas apa itu Open GL???
Open GL adalah suatu perangkat pembuat grafis standard yang digunakan untuk keperluan – keperluan pemrograman grafis. OpenGL bersifat opensource, multi-platform dan multi language. Fungsi dasar dari OpenGL adalah untuk mengeluarkan koleksi perintah khusus atau executable ke sistem operasi. Dengan demikian, program ini bekerja dengan perangkat keras grafis yang ada yang berada pada hard drive atau sumber tertentu lainnya. Setiap perintah dalam dirancang untuk melakukan tindakan tertentu, atau memulai efek khusus tertentu yang terkait dengan grafis. Saat ini semua bahasa pemrograman mendukung OpenGL. Dan OpenGL bisa bekerja dalam lingkungan Windows, Unix, SGI, Linux, freeBSD . Library dasar dari OpenGL adalah GLUT, dengan fasilitas yang bisa dikembangkan. Untuk OS Windows,library ini terdiri dari 3 files yaitu :
1.   Glut.h
2.   Glut32.lib
3.   Glut32.dll
Oh ia bagi teman-teman semua yang belum mempunyai Compiler Dev C++ dapat di downlad di link ini untuk yang 32 bit 
Untuk yang 64 bit dapat download disini:
atau pun dapat download:

bila sudah di download tinggal di install saja,
cara meng-Installnya cukup mudah sama seperti meng-Install aplikasi lainnya di Windows saja, tinggal klik next next dan finish ^_^.
Untuk mendapatkan header nya bisa di download
Bila sudah mari kita install Open GL di Dev C++.
Berikut langkah-langkah nya:
1.    Kita buka Compiler Dev C++
2.    Lalu kita klik menu Tool yang ada di atas seperti gambar dibawah ini:

3.     Bila sudah klik Package manager seperti yang di gambar, kita lanjutkan untuk menginstall package nya dengan mengimport file yang bernama glut berekstension ( .rar atau .zip)
4.    Lalu tekan Open agar terInstall.

Bila sudah mengInstall kedua nya kita lanjutkan untuk membuat project atau tugas dari Ibu Dosen J..
Tugas pertama nya yaitu
1.  membuat garis Vertikal di Open GL.
Dalam membuat program garis vertikal di open GL, kita hanya tinggal mengubah – ubah source code yang sudah ada pada compiler Dev C++ nya saja / yang sudah ada pada lembar kerja multimedia nya.
nah, yang saya tandai itu lah tempat dimana codingan membuat garis vertical di masukan, codingan nya seperti dibawah ini   :
 /* OpenGL animation code goes here */

glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f);  [untuk memilih warna yang digunakan untuk membersihkan latar dalammode RGBA]

glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT); [untuk membersihkan layar latar belakang dengan warna hitam]

glPushMatrix (); [Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar]
glClearColor(1,1,1,0); [untuk menentukan warna garis/titik]
glColor3f(1,1,1); // [untuk menentukan warna garis/titik]
glBegin(GL_LINES);                   [untuk menggambar garis dari titik yang digunakan ]
glVertex3f(0.10,10.0,13.13);  untuk menentukan titik awal yang digunakan ]

glVertex3f(0,0,0.0);              [untuk menentukan titik awal yang digunakan ]

glEnd ();          [untuk mengakhiri gambar garis dititik akhir ]
glPopMatrix ();  [Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar]

SwapBuffers (hDC);  [digunakan untuk menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar]

Sleep (1);
} [Penutup Program]
} [Penutup Program]

Setelah selesai menuliskan code pada bagian yang sudah saya beri tahu,coba jalankan file dengan mengcompile dengan menekan tombol CTRL + F9 , file yang akan di compile akan meminta untuk di save, untuk itu save file dan beri nama lalu jalankan dengan menekan tombol CTRL + F10. jika tidak terdapat error makan program langsung berjalan dan menghasilkan output :



2. Membuat garis Horizontal

Untuk membuat garis Horizontal sama seperti membuat garis vertical, tinggal kita robah saja Codingan nya di tempat yang kita gunakan untuk membuat program garis vertical tadi.
 

/*Untuk membuat garis Horizontal*/
glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f);
[ untuk memilih warna yang digunakan untuk membersihkan latar dalammode RGBA]

glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);
[untuk membersihkan layar latar belakang dengan warna hitam]

glPushMatrix();           [Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar]
glClearColor(1,1,1,0);  [untuk menentukan warna garis/titik]
glColor3f(1,1,1); //      [untuk menentukan warna garis/titik]

glBegin(GL_LINES);               [untuk menggambar garis dari titik yang digunakan ]
glColor3f(0.0f, 0.0f, 1.0f);

glVertex3f(-0.6f, 0.0f, 0.0f);   [ untuk menentukan titik awal yang digunakan ]
glColor3f(0.0f, 0.0f, 1.0f);        [ untuk menentukan titik yang digunakan ]
glVertex3f(0.6f, 0.0f, 0.0f);     [ untuk menentukan titik akhir yang digunakan ]

glEnd();             [untuk mengakhiri gambar garis dititik akhir ]
glPopMatrix(); [Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar]

SwapBuffers (hDC);
[digunakan untuk menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar]

Sleep (1);

Setelah selesai menuliskan code pada bagian yang sudah saya beri tahu,coba jalankan file dengan mengcompile dengan menekan tombol CTRL + F9 , file yang akan di compile akan meminta untuk di save, untuk itu save file dan beri nama lalu jalankan dengan menekan tombol CTRL + F10. jika tidak terdapat error makan program langsung berjalan dan menghasilkan output :
 

 
3       Membuat Garis Diagonal
Untuk Memmbuat garis Diagonal hampir sama dengan membuat garis vertikal dan Horizontal.
tinggal kita robah saja Codingan nya di tempat yang kita gunakan untuk membuat program garis vertical dan Horizontal tadi.
glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f);  
 [ untuk memilih warna yang digunakan untuk membersihkan latar dalammode RGBA]

glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT); 
[untuk membersihkan layar latar belakang dengan warna hitam]

glPushMatrix ();           [Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar]

glClearColor(1,1,1,0);   [untuk menentukan warna garis/titik]

glColor3f(1,1,1); //       [untuk menentukan warna garis/titik]

glBegin(GL_LINES);        [untuk menggambar garis dari titik yang digunakan ]

glVertex3f(0,0,-0.8);        [ untuk menentukan titik awal yang digunakan ]

glVertex3f(9.9,8.9,0.1);    [ untuk menentukan titik akhir yang digunakan ]



glEnd ();              [untuk mengakhiri gambar garis dititik akhir ]

glPopMatrix ();  [Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar]

SwapBuffers (hDC);
[digunakan untuk menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar]


Sleep (1);

Setelah selesai menuliskan code pada bagian yang sudah saya beri tahu,coba jalankan file dengan mengcompile dengan menekan tombol CTRL + F9 , file yang akan di compile akan meminta untuk di save, untuk itu save file dan beri nama lalu jalankan dengan menekan tombol CTRL + F10. jika tidak terdapat error makan program langsung berjalan dan menghasilkan output :
          
Demikian Tugas Mata Kuliah Graphic Komputer dan Pengolahan Citra ini saya selesaikan dengan baik, Mohon maaf bila dalam pngerjaan dan hasilnya tidak memuaskan,. Klo ada yang salah mohon di komentari agar dapat disempurnakan lagi, Terima kasih :)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar