Nama : Rahmat Septiansyah
NPM : 15110579
Kelas : 3KA31
Sudah Amat Lama sekali Saya tidak menulis, share tentang berbagai Hal.
Kali ini saya ingin berbagi pengetahuan kepada teman-teman semua ^_^..
Nah memasuki Semester 5 ini saya mendapatkan Tugas Dari Dosen Mata
Kuliah
“ Grafik Komputer & Pengolahan Citra Mengenai (Open GL)”.
Saya pun baru belajar mengenai Open GL ini menggunakan Compiler Dev
C++, jadi mohon maaf ya kalau ada salah dan tolong komentari yah CMIIW ^_^
maklum mash belajar :)
Oke kali ini saya langsung membahas apa itu Open
GL???
Open GL adalah suatu perangkat pembuat grafis standard yang digunakan untuk
keperluan – keperluan pemrograman grafis. OpenGL bersifat opensource,
multi-platform dan multi language. Fungsi dasar dari OpenGL adalah untuk
mengeluarkan koleksi perintah khusus atau executable ke sistem operasi. Dengan
demikian, program ini bekerja dengan perangkat keras grafis yang ada yang
berada pada hard drive atau sumber tertentu lainnya. Setiap perintah dalam
dirancang untuk melakukan tindakan tertentu, atau memulai efek khusus tertentu
yang terkait dengan grafis. Saat ini semua
bahasa pemrograman mendukung OpenGL. Dan OpenGL bisa bekerja dalam lingkungan
Windows, Unix, SGI, Linux, freeBSD . Library dasar dari OpenGL adalah GLUT, dengan fasilitas yang bisa
dikembangkan. Untuk OS Windows,library ini terdiri dari 3 files yaitu :
1.
Glut.h
2.
Glut32.lib
3.
Glut32.dll
Oh ia bagi teman-teman semua yang belum mempunyai
Compiler Dev C++ dapat di downlad di link ini untuk yang 32 bit
Untuk yang 64 bit dapat download disini:
bila sudah di download tinggal di install saja,
cara meng-Installnya cukup mudah sama seperti meng-Install
aplikasi lainnya di Windows saja, tinggal klik next next dan finish ^_^.
Untuk
mendapatkan header nya bisa di download
Bila
sudah mari kita install Open GL di Dev C++.
Berikut
langkah-langkah nya:
1.
Kita
buka Compiler Dev C++
2.
Lalu
kita klik menu Tool yang ada di atas seperti gambar dibawah ini:
3.
Bila sudah klik Package manager seperti yang
di gambar, kita lanjutkan untuk menginstall package nya dengan mengimport file
yang bernama glut berekstension ( .rar atau .zip)
4.
Lalu
tekan Open agar terInstall.
Bila
sudah mengInstall kedua nya kita lanjutkan untuk membuat project atau tugas
dari Ibu Dosen J..
Tugas
pertama nya yaitu
1. membuat garis Vertikal di Open GL.
Dalam
membuat program garis vertikal di open GL, kita hanya tinggal mengubah – ubah
source code yang sudah ada pada compiler Dev C++ nya saja / yang sudah ada pada
lembar kerja multimedia nya.
nah,
yang saya tandai itu lah tempat dimana codingan membuat garis vertical di masukan,
codingan nya seperti dibawah ini :
/* OpenGL
animation code goes here */
glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f); [untuk memilih warna
yang digunakan untuk membersihkan latar dalammode RGBA]
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT); [untuk
membersihkan layar latar belakang dengan warna hitam]
glPushMatrix
(); [Membuat
baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar]
glClearColor(1,1,1,0);
[untuk
menentukan warna garis/titik]
glColor3f(1,1,1);
// [untuk
menentukan warna garis/titik]
glBegin(GL_LINES); [untuk menggambar garis dari titik
yang digunakan ]
glVertex3f(0.10,10.0,13.13); [ untuk menentukan titik awal
yang digunakan ]
glVertex3f(0,0,0.0);
[untuk menentukan
titik awal yang digunakan ]
glEnd (); [untuk mengakhiri gambar garis
dititik akhir ]
glPopMatrix (); [Membuat baris kode menjadi tidak
berlaku untuk bagian luar]
SwapBuffers (hDC); [digunakan untuk menukar bagian
belakang buffer menjadi buffer layar]
Sleep (1);
} [Penutup Program]
} [Penutup Program]
Setelah
selesai menuliskan code pada bagian yang sudah saya beri tahu,coba jalankan
file dengan mengcompile dengan menekan tombol CTRL + F9 , file yang akan di
compile akan meminta untuk di save, untuk itu save file dan beri nama lalu
jalankan dengan menekan tombol CTRL + F10. jika tidak terdapat error makan
program langsung berjalan dan menghasilkan output :
2. Membuat garis Horizontal
Untuk
membuat garis Horizontal sama seperti membuat garis vertical, tinggal kita
robah saja Codingan nya di tempat yang kita gunakan untuk membuat program garis
vertical tadi.
/*Untuk membuat garis
Horizontal*/
glClearColor (0.0f,
0.0f, 0.0f, 0.0f);
[ untuk
memilih warna yang digunakan untuk membersihkan latar dalammode RGBA]
glClear
(GL_COLOR_BUFFER_BIT);
[untuk
membersihkan layar latar belakang dengan warna hitam]
glPushMatrix();
[Membuat baris kode menjadi tidak
berlaku untuk bagian luar]
glClearColor(1,1,1,0);
[untuk menentukan warna garis/titik]
glColor3f(1,1,1); //
[untuk menentukan warna garis/titik]
glBegin(GL_LINES);
[untuk menggambar
garis dari titik yang digunakan ]
glColor3f(0.0f, 0.0f,
1.0f);
glVertex3f(-0.6f,
0.0f, 0.0f); [ untuk menentukan titik awal yang digunakan ]
glColor3f(0.0f, 0.0f,
1.0f); [ untuk menentukan titik yang
digunakan ]
glVertex3f(0.6f,
0.0f, 0.0f); [ untuk menentukan titik akhir yang
digunakan ]
glEnd();
[untuk mengakhiri gambar garis
dititik akhir ]
glPopMatrix(); [Membuat
baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar]
SwapBuffers (hDC);
[digunakan untuk
menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar]
Sleep (1);
Setelah selesai
menuliskan code pada bagian yang sudah saya beri tahu,coba jalankan file dengan
mengcompile dengan menekan tombol CTRL + F9 , file yang akan di compile akan
meminta untuk di save, untuk itu save file dan beri nama lalu jalankan dengan
menekan tombol CTRL + F10. jika tidak terdapat error makan program langsung
berjalan dan menghasilkan output :
3 Membuat Garis Diagonal
Untuk
Memmbuat garis Diagonal hampir sama dengan membuat garis vertikal dan
Horizontal.
tinggal
kita robah saja Codingan nya di tempat yang kita gunakan untuk membuat program
garis vertical dan Horizontal tadi.
glClearColor (0.0f,
0.0f, 0.0f, 0.0f);
[ untuk
memilih warna yang digunakan untuk membersihkan latar dalammode RGBA]
glClear
(GL_COLOR_BUFFER_BIT);
[untuk
membersihkan layar latar belakang dengan warna hitam]
glPushMatrix ();
[Membuat baris kode menjadi tidak berlaku
untuk bagian luar]
glClearColor(1,1,1,0);
[untuk menentukan warna garis/titik]
glColor3f(1,1,1); //
[untuk menentukan warna garis/titik]
glBegin(GL_LINES);
[untuk menggambar garis dari titik yang digunakan
]
glVertex3f(0,0,-0.8);
[ untuk menentukan titik awal yang digunakan
]
glVertex3f(9.9,8.9,0.1);
[ untuk menentukan titik akhir yang digunakan ]
glEnd ();
[untuk mengakhiri gambar garis
dititik akhir ]
glPopMatrix ();
[Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar]
SwapBuffers (hDC);
[digunakan untuk
menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar]
Sleep (1);
Setelah selesai
menuliskan code pada bagian yang sudah saya beri tahu,coba jalankan file dengan
mengcompile dengan menekan tombol CTRL + F9 , file yang akan di compile akan meminta
untuk di save, untuk itu save file dan beri nama lalu jalankan dengan menekan
tombol CTRL + F10. jika tidak terdapat error makan program langsung berjalan
dan menghasilkan output :
Demikian
Tugas Mata Kuliah Graphic Komputer dan Pengolahan Citra ini saya selesaikan
dengan baik, Mohon maaf bila dalam pngerjaan dan hasilnya tidak memuaskan,. Klo
ada yang salah mohon di komentari agar dapat disempurnakan lagi, Terima kasih :)
0 komentar:
Posting Komentar